Laman

Saturday, May 26, 2012

Tips Belajar Efektif Tidak Pakai Ribet


tips belajar efektif Tips Belajar Efektif Tidak Pakai RibetJangan pernah berhenti belajar, itu nasehat para orang tua kita. Benar kita diharuskan untuk tidak pernah berhenti belajar, belajar adalah suatu kewajiban agar kita senantiasa tidak pernah ketinggalan informasi dan selalu update ilmu pengetahuan. Terutama bagi anda yang masih menempuh ilmu baik siswa maupun mahasiswa tentunya anda tidak ingin menghabiskan waktu belajar anda menjadi sia-sia bukan ? berikut ini informasipasti akan share tips belajar efektif tidak pakai ribet :
  1. Membaca adalah inti dari belajar
Untuk lebih cepat memahami maka sering luangkan waktu untuk membaca materi yang ingin anda pelajari minimal 3 kali dalam sehari ( kayak minum obat, hehehehe)
  1. Pilih waktu belajar yang sesuai
Waktu belajar tentunya mempunyai pengaruh yang besar terhadap keberhasilan belajar kita, carilah waktu yang sesuai baik pagi atau malam dan tentunya disaat badan dan pikiran kita masih segar.
  1. Cari suasana Belajar yang nyaman
Belajar tidak harus selalu monoton, ciptakan sendiri suasana berbeda ketika anda belajar misalnya sambil memutar lagu kesayangan, mencari tempat yang nyaman tidak harus di dalam kamar misalnya bisa belajar di teras rumah atau tempat-tempat yang menurut anda dapat meningkatkan mood belajar anda.
  1. Kembangkan Materi yang sudah pernah dipelajari sebelumnya
Belajar tidak harus selalu mengulang materi yang telah kita dapat, jika anda sudah merasa cukup mengerti cobalah kembangkan materi-materi tersebut dengan cara atau metode lain, siapa tahu nanti anda menemukan metode atau cara yang lebih efektif dengan hasil yang luar biasa. ( Langkah awal menjadi peneliti atau ilmuwan, hehehehehe)
  1. Konsep belajar adalah memahami bukan menghapal
Konsep yang sederhana, jangan pernah menghapal apapun karena anda suatu saat pasti lupa tapi pahami dan anda akan hapal dengan sendirinya, gimana setuju ?
  1. Catatlah pokok-pokok pelajaran
Minimal anda harus mencatat garis besar dari materi yang anda pelajari kemudian buatlah resume dengan kata-kata anda sendiri, simpanlah baik-baik catatan anda siapa tahu suatu saat anda mebutuhkannya.
  1. Sediakan waktu untuk istirahat
Sekuat apapun semangat anda untuk belajar jangan pernah belajar maraton, karena selain tidak efektif anda juga telah melakukan hal yang sia-sia. Setiap 30 menit waktu belajar anda selingi dengan istirahat, untuk melemaskan badan dan pikiran, sehingga nanti setelah istirahat selesai maka badan dan pikiran anda akan menjadi segar kembali
Semoga dengan tips diatas anda akan mendapatkan hasil yang luar biasa yang mungkin selama ini belum pernah anda temui…gimana mau mencoba ?
Semoga bermanfaat…

No comments:

Post a Comment